Selasa, 08 Oktober 2013

TUTORIAL MEMBUAT COVER DAN ISI BUKU

LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT COVER dan ISI BUKU

1. Langkah pertama buka MS. WORD
2. Kemudian cara membuat cover yaitu klik tab menu insert kemudian pilih cover page dan  pilih  cover sesuai keinginan
3. Setelah cover dibuat, cover diisi dengan berbagai macam isi content yaitu
         1. Equation, adapun caranya pilih menu tab insert kemudian pilih menu equation
         2. Watermark, tata cara menuliskan watermark yaitu klik menu page layout kemudian pilih
             menu watermark yang berlambang (A) alapabeth A berwarna merah 
         3. Footnote Klik pada bagian yang ingin disisipkan tanda footnote/endnote. Pada References
             Footnotes group, klik Insert Footnote (untuk membuat catatan kaki) atau Insert Endnote 
             (untuk membuat catatan akhir). Sekarang kursor akan berpindah pada bagian untuk mengetik
             isi footnote/endnote. Untuk merubah format footnote/endnote, klik tanda Dialog Box
             Launcherpada Footnotes. Pada kotak dialog Footnote and Endnote, bagian Format, pilih
             format angka yang diinginkan. Bila ingin menggunakan simbol, klik tombol Symbol. Klik
             Apply untuk mengganti format. Selanjutnya di samping angka atau simbol, ketik isi
             footnote/endnote. Untuk menambah footnote lain dengan nomor berurutan, klik pada bagian
             dokumen yang akan diberi tanda footnote dan tekan: CTRL+ALT+F untuk footnote.
         4. Header and Footer, tata cara memasukan header dan footer pada catatan kaki, ikuti langkah
              berikut:
             Pada menu tampilan , klik Header dan Footer. Word akan menampilkan Header dan
             Footer toolbar dan switch untuk mencetak tampilan tata letak. Untuk beralih antara header
             dan footer, klik tombol beralih antara Header dan Footer pada bilah alat Header dan
             Footer. Garis putus-putus non-pencetakan membungkus bidang header dan footer. Teks dan
             grafis dalam dokumen yang terlihat, tetapi meredup. Untuk menampilkan atau
             menyembunyikan teks dokumen, klik tombol Menampilkan/menyembunyikan dokumen
             teks pada bilah alat Header dan Footer. Anda dapat mengetik dan memformat teks
             dibidangheader atau footer yang sama seperti yang Anda lakukan di dokumen utama. Setelah
             Andamembuat kop atau catatan kaki, klik tutup di toolbar Header dan Footer untuk
             kembali ke bagian dokumen utama. Di tampilan tata letak pencetakan (pada menu tampilan 
             klik Cetak tata letak), Hulu dan catatan kaki terlihat tetapi muncul meredup. Untuk
             mengedit ada header atau footer, klik Header dan Footer pada menu tampilan , ataupun, 
             ditampilan tata letak pencetakan, klik dua kali meredup header atau footer untuk beralih cepat
             ke header atau footer.  

3. Cara membuat daftar isi dengan titik rapih yaitu pastikan batang “ruler” yang ada pada lembar kerja dalam keadaan aktif. Jika belum aktif, aktifkan dengan memilih menu “view” lalu beri centang pada “ruler”. Pada lembaran kerja yang masih kosong, pada baris pertama ketikkan “DAFTAR ISI”.

Pada baris kedua, ketikkan “KATA PENGANTAR”. Pada posisi kursor sebaris dengan KATA PENGANTAR, klik pada area batang ruler yang berwarna putih sehingga muncul tanda seperti huruf “L” berwarna hitam. Buatlah tanda tersebut sebanyak 2 buah, dan aturlah posisinya
Langkah selanjutnya adalah klik dua kali salahsatu tanda “L” yang berwarna hitam di atas hingga muncul jendelaSetelah itu, perhatikan bahwa salah satu tanda “L” berganti posisi menjadi seperti “L” terbalik Langkah selanjutnya, masih pada posisi kursor sebaris dengan KATA PENGANTAR, pada papan keyboard tekan tombol Tab, sehingga posisi kursor meloncat pada tanda “L” terbalik, lalu tekan tombol titik pada keyboard sehingga titik-titik memenuhi tanda L terbalik menuju KATA PENGANTAR. Atur agar titik-titik tidak menabrak KATA PENGANTAR dan tidak berlebihan keluar dari tanda L terbalik. Langkah selanjutnya adalah tekan sekali lagi tombol Tab pada papan keyboard, sehingga kursor meloncat pada tanda L yang kedua, lalu isikan angka halaman untuk KATA PENGANTAR (biasanya halaman i). Selesai membuat titik-titik dan mengisi nomor halaman pada KATA PENGANTAR, selanjutnya tekan tombol enter, maka tanda L yang telah anda buat pada langkah sebelumnya akan terbawa pada baris selanjutnya. Artinya, Anda tidak perlu lagi mengulangi langkah di atas, yang diperlukan adalah melanjutkan mengetik elemen dari DAFTAR ISI, seperti DAFTAR ISI, ABSTRAK, dan lain-lain.
4. Cara menggunakan Bullet and Numbering yang terdapat di isi buku

  • Membuat Bullets

Langkah untuk menggunakan bullets adalah sebagai berikut.
a) Tempatkan kursor pada baris atau paragraf yang akan disisipkan bullets.
b) Klik tab Home, kemudian pada submenu Paragraph pilih tombol Bullet, maka akan tampil kotak dialog sebagai berikut.
c) Klik pada tombol Bulleted, dan pilih salah satu bullets yang diinginkan. Klik tombol  Define New Bullet untuk memilih jenis lain.
d) Klik OK untuk menutup kotak tersebut.


  • Membuat Numbering 

Langkah untuk menggunakan bullets adalah sebagai berikut.
a) Posisikan kursor pada baris atau paragraf yang akan disisipkan nomor baris.
b) Klik tab Home, kemudian pada submenu Paragraph pilih Numbering.
c) Klik pada tombol Numbered dan pilih salah satu numbering yang diinginkan, kemudian klik OK untuk menutup kotak tersebut.

5. Cara membuat tabel di MS.Word yaitu Pilih menu insert, dan pilih table kemudian 

    Aturlah tabel yang anda akan buat, jika ingin membuat tabel banyak pilih insert table


 
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar