1. Langkah pertama buka MS. WORD
2. Kemudian cara membuat cover yaitu klik tab menu insert kemudian pilih cover page dan pilih cover sesuai keinginan
3. Setelah cover dibuat, cover diisi dengan berbagai macam isi content yaitu
1. Equation, adapun caranya pilih menu tab insert kemudian pilih menu equation
2. Watermark, tata cara menuliskan watermark yaitu klik menu page layout kemudian pilih
menu watermark yang berlambang (A) alapabeth A berwarna merah
3. Footnote Klik pada bagian yang ingin disisipkan tanda footnote/endnote. Pada References
Footnotes group, klik Insert Footnote (untuk membuat catatan kaki) atau Insert Endnote
(untuk membuat catatan akhir). Sekarang kursor akan berpindah pada bagian untuk mengetik
isi footnote/endnote. Untuk merubah format footnote/endnote, klik tanda Dialog Box
Launcherpada Footnotes. Pada kotak dialog Footnote and Endnote, bagian Format, pilih
format angka yang diinginkan. Bila ingin menggunakan simbol, klik tombol Symbol. Klik
Apply untuk mengganti format. Selanjutnya di samping angka atau simbol, ketik isi
footnote/endnote. Untuk menambah footnote lain dengan nomor berurutan,
klik pada bagian
dokumen yang akan diberi tanda footnote dan
tekan: CTRL+ALT+F untuk footnote.
4. Header and Footer, tata cara memasukan header dan footer pada catatan kaki, ikuti langkah
berikut:
Pada menu tampilan , klik Header dan Footer. Word akan menampilkan Header danFooter toolbar dan switch untuk mencetak tampilan tata letak. Untuk beralih antara header
dan footer, klik tombol beralih antara Header dan Footer pada bilah alat Header dan
Footer. Garis putus-putus non-pencetakan membungkus bidang header dan footer. Teks dan
grafis dalam dokumen yang terlihat, tetapi meredup. Untuk menampilkan atau
menyembunyikan teks dokumen, klik tombol Menampilkan/menyembunyikan dokumen
teks pada bilah alat Header dan Footer. Anda dapat mengetik dan memformat teks
dibidangheader atau footer yang sama seperti yang Anda lakukan di dokumen utama. Setelah
Andamembuat kop atau catatan kaki, klik tutup di toolbar Header dan Footer untuk
kembali ke bagian dokumen utama. Di tampilan tata letak pencetakan (pada menu tampilan
klik Cetak tata letak), Hulu dan catatan kaki terlihat tetapi muncul meredup. Untuk
mengedit ada header atau footer, klik Header dan Footer pada menu tampilan , ataupun,
ditampilan tata letak pencetakan, klik dua kali meredup header atau footer untuk beralih cepat
ke header atau footer.
3. Cara membuat daftar isi dengan titik rapih yaitu pastikan
batang “ruler” yang ada pada lembar kerja dalam keadaan aktif. Jika belum
aktif, aktifkan dengan memilih menu “view” lalu beri centang pada “ruler”. Pada lembaran kerja yang masih kosong, pada baris
pertama ketikkan “DAFTAR ISI”.
Pada baris kedua, ketikkan “KATA PENGANTAR”. Pada posisi kursor sebaris dengan KATA PENGANTAR, klik
pada area batang ruler yang berwarna putih sehingga muncul tanda seperti huruf
“L” berwarna hitam. Buatlah tanda tersebut sebanyak 2 buah, dan aturlah
posisinya
Langkah
selanjutnya adalah klik dua kali salahsatu tanda “L” yang berwarna hitam di
atas hingga muncul jendelaSetelah itu, perhatikan bahwa salah satu tanda “L”
berganti posisi menjadi seperti “L” terbalik Langkah selanjutnya, masih pada
posisi kursor sebaris dengan KATA PENGANTAR, pada papan keyboard tekan tombol
Tab, sehingga posisi kursor meloncat pada tanda “L” terbalik, lalu tekan tombol
titik pada keyboard sehingga titik-titik memenuhi tanda L terbalik menuju KATA
PENGANTAR. Atur agar titik-titik tidak menabrak KATA PENGANTAR dan tidak
berlebihan keluar dari tanda L terbalik. Langkah selanjutnya adalah tekan sekali lagi tombol
Tab pada papan keyboard, sehingga kursor meloncat pada tanda L yang kedua, lalu
isikan angka halaman untuk KATA PENGANTAR (biasanya halaman i). Selesai membuat titik-titik dan mengisi nomor halaman
pada KATA PENGANTAR, selanjutnya tekan tombol enter, maka tanda L yang telah
anda buat pada langkah sebelumnya akan terbawa pada baris selanjutnya. Artinya,
Anda tidak perlu lagi mengulangi langkah di atas, yang diperlukan adalah
melanjutkan mengetik elemen dari DAFTAR ISI, seperti DAFTAR ISI, ABSTRAK, dan
lain-lain.
4. Cara menggunakan Bullet and Numbering yang terdapat di isi buku-
Membuat Bullets
Langkah
untuk menggunakan bullets adalah sebagai berikut.
a) Tempatkan
kursor pada baris atau paragraf yang akan disisipkan bullets.
b) Klik tab Home,
kemudian pada submenu Paragraph pilih tombol Bullet, maka akan
tampil kotak dialog sebagai berikut.
c) Klik pada
tombol Bulleted, dan pilih salah satu bullets yang diinginkan. Klik
tombol Define New Bullet untuk
memilih jenis lain.
d) Klik OK
untuk menutup kotak tersebut.
- Membuat Numbering
Langkah
untuk menggunakan bullets adalah sebagai berikut.
a) Posisikan
kursor pada baris atau paragraf yang akan disisipkan nomor baris.
b) Klik tab Home,
kemudian pada submenu Paragraph pilih Numbering.
c) Klik pada
tombol Numbered dan pilih salah satu numbering yang diinginkan, kemudian
klik OK untuk menutup kotak tersebut.
5. Cara membuat tabel di MS.Word yaitu Pilih menu insert, dan pilih table kemudian
Aturlah tabel yang anda akan buat, jika ingin membuat tabel banyak pilih insert table
Tidak ada komentar:
Posting Komentar